UNDERCOVER : KOSAKATA, SALING TUDUH, DAN PENGAMBILAN KESIMPULAN


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kita semua tentunya punya teman doong, ada laah seenggaknya satu, masa nggak punya ? Pernah ngumpul-ngumpul doong, seenggaknya sekali buat have fun bareng, bahas sesuatu, ketawa bareng, ngegosip, atau melakukan kegiatan lainnnya seperti bermain game, contohnya apa ? Ya, Werewolf, PUBGM, atau MLBB. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah Undercover.

Permainan apa itu ? Agen rahasia ? Detektif ? Bukan, tapi~~ boleh laaah. Secara teknis, gaya bermain Undercover mirip dengan Werewolf, setiap pemain diberi role tertentu, saling tuduh menuduh, dan mengambil kesepakatan untuk mengeksekusi seseorang di akhir putaran. Kontennya lah yang membedakannya, Undercover melatih penguasaan kosakata. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Permainan ini dimainkan minimal oleh 3 orang. Kenapa ? Karena role-nya ada 3 dan ketiganya berbeda kubu, sehingga mereka saling berlawanan. Nah, apa saja role-nya ?
Role
Pertama, Civilian. Mereka adalah protagonis di sini, mereka menerima satu kata yang sama dan tidak boleh diketahui oleh role lain, Civilian akan menang ketika hanya tersisa pemain dengan role Civilian. Kedua, Undercover. Mereka adalah antagonisnya, mereka menerima kata yang berbeda dari Civilian, tapi memiliki kemiripan, seperti jika Civilian menerima kata Mozilla, Undercover menerima kata Chrome, mereka juga harus merahasiakan katanya, Undercover akan menang ketika hanya tersisa pemain dengan role Undercover. Terakhir, Mr. White. Mereka adalah pemain yang tidak menerima kata apapun, sehingga selama permainan mereka harus berusaha menebak kata dari pemain lain, dan menyamar sebagai salah satu dari mereka, mereka akan menang jika berhasil menebak kata Civilian ketika semua pemain ingin mengeksekusinya.

Cara Bermain
Kita lanjutkan ke cara bermain.
Di awal permainan setiap pemain akan menerima kata dari moderator, bisa menggunakan kertas dan menjadikan teman sebagai moderator atau mengunduh aplikasinya di playstore/appstore. Tergantung selera tapi akan lebih seru jika setiap pemain tidak mengetahui role-nya masing-masing, sehingga dia belum yakin apakah dia Civilian atau Undercover. Sedangkan Mr. White tentunya sudah tahu role-nya, karena dia tidak punya kata.

Tahap selanjutnya adalah mendeskripsikan kata yang kamu dapat dengan 1 atau 2 kata secara jujur, atau sepakati bersama berapa kata yang dibolehkan (sebaiknya anda paham dulu apa itu kata, karena banyak juga yang kadang keceplosan ngasih kalimat). Fase mendeskripsikan ini bisa dilakukan beberapa putaran, boleh satu atau berapapun sesuai kesepakatan, namun biasanya hanya satu putaran, atau 2 putaran jika yang main hanya sedikit, sekitar 4 atau 5 orang.
Mendeskripsikan secara jujur bukan berarti tidak boleh menyamarkan deskripsi, hanya saja dilarang melenceng dari kata yang kita dapat. Karena dalam beberapa kasus pemain bisa saja memberikan deskripsi yang tidak sesuai dengan kata yang dia dapat karena dia tahu/bisa menerka kata yang lawan/pemain lain dapatkan

Contoh : A merupakan Undercover, dan kata yang dia dapat adalah Paris misalnya, sedangkan di kubu lain, yaitu Civilian mendapatkan kata London. Nah, A tahu kata yang didapatkan Civilian adalah London, karena terkadang memang bisa diterka, kira-kira kata yang mirip Paris, apa ya. Bisa jadi London, karena sama-sama kota besar, ada monumen kas, dan kesamaan lain. Sampai di sini paham ?

Kita lanjutkan.
Nah, ketika gilirannya mendeskripsikan kata, A menyebutkan kata 'jam' untuk mendeskripsikan Paris, yang seharusnya itu lebih mengarah ke deskripsi London. Di sini sebenarnya A bertujuan berkamuflase agar katanya tidak diketahui, namun dia malah menjadi pemain yang seolah mempunyai kata London, sedangkan kata yang dimilikinya adalah Paris.

Lalu, apa yang seharusnya A lakukan ? A boleh saja berkamuflase dengan cara menyamarkan deskripsinya sehingga terlihat bisa mendeskripsikan kata dari kedua kubu, misalnya : "kota", Paris adalah kota, London juga kota, "Luar negri", "eropa", atau yang lain.
Pada tahap ini Mr. White harus terlihat seperti mempunyai kata. Catatan : Mr. White tidak akan dan tidak boleh mendapat giliran pertama untuk mendeskripsikan kata. Kenapa ? Karena dia tidak punya kata, kalau dia mendapat giliran pertama, langsung kalah doong, ketahuan dia nggak punya kata karena bingung mau bilang apa. Mr. White berusaha mengamati kata-kata yang dikeluarkan pemain lain, menebak kata yang mungkin, sehingga memberikan deksripsi yang tidak membuat pemain lain curiga kalau dia Mr. White.

Terakhirvoting. Setalah tahap mendeskripsikan kata selesai, setiap pemain diminta menunjuk satu pemain lain yang diduga bukan bagian dari kubunya untuk dieksekusi. Para pemain bisa menggunakan kata-kata yang pemain lain deskripsikan untuk mencari bagian dari kubunya. Jika pada tahap ini Mr. White ditunjuk, dia harus menebak kata Civilian sebelum dia dieksekusi, jika berhasil maka kubu Mr. White merebut kemenangan.

Jika sudah selesai voting, semua pemain kembali mendeskripsikan kata yang mereka punya sampai berlanjut ke tahap voting lagi. Permainan akan berakhir ketika salah satu kubu memenangkan permainan. Civilian akan menang ketika hanya tersisa Civilian saja, begitupun Undercover atau Mr. White jika dia berhasil menyamar dan menipu pemain lain dengan berpura-pura menjadi salah satu kubu. Dalam kondisi lain, Mr. White bisa menang jika dia ditunjuk untuk dieksekusi. Sebelum dieksekusi dia akan diminta menyebutkan kata yang menjadi kunci permainan, yaitu kata milik Civilian. Jika dia berhasil menyebutkan dengan benar, Mr. White menang.

Warning
Perlu diingat lagi, jangan beritahukan kata yang kamu dapat kepada siapapun, karena kita tidak mengetahui role kita sendiri, mana yang teman, dan mana yang lawan. Walaupun kamu mau main iseng dan menjadikan permainan menjadi tidak seru dengan membongkar kata kamu dan bermaksud mencari teman, siapa tahu kubu role kamu ternyata kalah jumlah, sehingga berujung kekalahan karena kubu lain menang suara ketika melakukan voting. Apalagi kalau ada Mr. White, dia menjadi tahu kata yang harus dia tebak, sehingga kemenangannya sudah dipastikan.

Ataupun ketika di awal permainan moderator memberi tahu role setiap pemain, dan kamu meneriakkan role mu bermaksud mencari teman, ternyata kamu kalah jumlah, dan kalah suara ketika voting. Lalu sekali lagi, permainan menjadi tidak seru. Pokoknya jangan iseng dan bikin permainan jadi nggak seru.

Aplikasi, Mode Permainan, dan Peran Khusus
Jika bermain menggunakan aplikasi mobile-nya, aplikasinya menyediakan banyak kata untuk dimainkan sehingga tidak bosan karena kata-katanya itu-itu saja. Kita juga bisa menambahkan kata sendiri ke aplikasi, walaupun hanya berlaku di aplikasi yang kita pakai. Versi fullnya juga tersedia dengan lebih dari 1000 kata seharga Rp.59.000 untuk semua bahasa dan semua role bebas dimainkan berapa kali pun, atau kalau mau yang hanya bahasa Indonesia, dapat dibeli seharga Rp.29.000.
 
Ada dua mode dalam aplikasinya, yaitu Online dan Offline.
Mode Online memungkinkan kita bermain dengan siapa saja melalui smartphone, terhubung ke pemain lain dengan smartphone-nya juga
Sedangkan mode Offline mengharuskan kita berkumpul di satau tempat karena harus menggunakan 1 smartphone sebagai pustaka kata sekaligus sebagai moderator permainan

Di aplikasinya juga ditambahkan peran khusus, yaitu Lover, Mr. Meme, Revenger, dan Duelist. Silakan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
 
Sistem Poin dan Hasil Voting Seimbang
Jika menang, Civilian mendapat 2 poin, Mr. White 6 poin, dan Undercover 10 poin.
Kemudian jika ketika voting terjadi kesamaan jumlah suara pada dua atau beberapa orang, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, yaitu suit sehingga yang kalahlah yang harus dieksekusi, atau pemain dengan jumlah suara sama memberikan 1 deskripsi lebih lanjut untuk meyakinkan pemain lain hingga kemudian dilakukan voting kembali
 
(Informasi terakhir 23 Maret 2021)
 
Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat mengisi waktu ketika kumpul bareng (biar nggak sibuk sama gadget masing-masing).

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post