Arti Huruf K Pada Notasi Ribuan

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Selama menjelajahi internet, tentunya banyak hal yang telah kita lihat. Nah, saya sering melihat dalam transaksi-transaksi online, cash dalam game, jumlah follower, dll, sebuah notasi yang melambangkan atau merepresentasikan ribuan, yaitu huruf K. Contoh, 1K artinya seribu, 21K berarti 21000, 27K berarti 27000, artinya setiap bilangan yang berada sebelum huruf K dikalikan 1000.


Nah, kenapa dilambangkan dengan K ? Silahkan disimak baik-baik. Arti huruf K itu berasal dari notasi untuk Kilo yang dalam Bahasa Yunani (Khilioi) berarti ribuan dan digunakan oleh sistem pengukuran internasional. Sebenarnya, penggunaan kata kilo ini adalah untuk awalan dari satuan yang digunakan. Maksudnya, seribu gram dapat ditulis sebagai 1 kilogram (1kg), seribu watt dapat ditulis sebagai 1 kilowatt (1kw), seribu meter dapat dituliskan sebagai 1 Kilometer (1km). Maksudnya dulu lambang kilo digunakan untuk awalan dari satuan, seperti gram, liter, meter, watt, dll. Jika sudah mencapai nilai 1000 untuk satuan tersebut, maka akan ditambahkan awalan K. Jadi, lambang K tidak semata-semata digunakan untuk setiap bilangan 1000.

Karena kebiasaan ini, maka kelipatan seribu banyak dinotasikan ke dalam huruf K. Contoh : Y2K = Year 2000. Sampai akhirnya banyak digunakan dalam bidang lain, seperti yang sudah dituliskan sebelumnya (paragraf pertama).

Untuk menambah, memperkuat, dan meluruskan ilmu dan informasi yang telah kita peroleh, berikut satuan metrik lain yang berkaitan dengan notasi K :
· c = 1/100 dari kata cent/centi
· d = 1/10 dari kata deci
· M = sejuta, dari kata mega (bukan Million, awalnya saya juga berpikir begitu)
· Dan lain-lain seperti tera, Giga, Hekta, deka, mili.

Sumber :
http://forum.organisasi.org/topic26.html
http://www.kaskus.co.id/thread/519c67da0d75b4ed4b000002/asal-muasal-satuan-k-dalam-mata-uang-game-gamers-inside

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post