MAIN GAME 24 SEDERHANA


Assalamu'alaikum
Ketika berkumpul bersama teman, keluarga, atau kelompok, nggak seru dong kalau cuma diem-dieman. Nggak ada obrolan, candaan, snack juga kosong, apalagi kalau ada yang sibuk sendiri sama gadget-nya, udah, ruangan yang kelihatannya rame tapi sunyi seperti tak ada orang.

Nah, jika sebelumnya saya membagikan permainan Undercover yang juga cocok untuk main ketika berkumpul, kali ini ada lagi permainan yang nggak kalah seru dengan Undercover. Jika Undercover melatih kemampuan verbal, 24 melatih kemampuan berhitung. Gimana caranya ?

Saya akan membagikan cara bermain 24 yang sederhana dengan menggunakan kartu remi.
  1. Kumpulkan pemain, boleh 2 atau lebih, sendiri juga bisa. Tapi kan yang kita bahas ketika ngumpul, berarti nggak sendiri doong.
  2. Siapkan kartu reminya, UNO juga bisa, asalkan ada angkanya, jangan pakai kartu askes.
  3. Karena saya bilang sederhana, buang kartu J, Q, K, dan Joker. Kita hanya menggunakan kartu ACE sampai 10 dengan ACE bernilai 1
  4. Bagikan kartu yang dibuang tadi ke setiap pemain, masing-masing mendapat satu. Ini akan menjadi pengganti bel nantinya
  5. Letakkan dek yang berisi kartu dengan angka di tengah. Setiap pemain harus menutup kartu yang dibagikan ke mereka sebelumnya. Kita mulai !
  6. Moderator membuka empat kartu teratas dari dek. Nggak pake moderator juga nggak apa-apa, yang membuka empat kartu teratas dek bisa dari salah satu pemain.
    Contoh, angka yang terbuka pada 4 kartu teratas dek adalah 7, 3, 5, dan 8
  7. Setiap pemain bertugas mengoperasikan keempat kartu tersebut sehingga menghasilkan 24 dengan hanya menggunakan kali (x), bagi (/), tambah (+), dan kurang (-).
    Ingat !! Setiap kartu hanya boleh digunakan satu kali,
    Contoh, 7 sudah dikalikan dengan 5, jadi 7 dan 5 tidak boleh digunakan lagi, tapi hasil 7 x 5 tadi, yaitu 35 boleh digunakan

    dan tidak ada kartu yang tidak digunakan.
    Contoh : Ketika pemain sudah mendapatkan 24 dengan mengalikan angka 8 dan 3, bukan berarti dia sudah menemukan jawabannya, karena kartu dengan angka 7 dan 5 masih belum digunakan, semua kartu harus digunakan.
  8. Pemain yang berhasil mengalkulasikannya akan membalik kartu mereka yang tertutup sebelumnya (seperti yang saya katakan tadi : pengganti bel), menandakan mereka tahu jawabannya (ingat, hanya menandakan, bisa jadi benar-benar tahu, belum tahu, atau tidak tahu sama sekali).
  9. Pemain yang tidak membalik kartu atau yang paling terakhir membalikkan kartunya dialah yang kalah, kemungkinan besar. Tenang, dia belum kalah, karena dia harus menunjuk salah satu dari pemain yang membalikkan kartu mereka untuk memberikan jawaban bagaimana 4 kartu teratas dek tersebut bisa menjadi 24.
  10. Nah, jika yang ditunjuk berhasil menjawab, pemain yang menunjuklah yang kalah, begitupun sebaliknya
    Jawaban : 7 * 5 - (8 + 3)
  11. Kartu pengganti bel ditutup kembali dan permainan diulang dari langkah nomor 6 sampai kartu di dek habis
Lho ? Bukannya yang membalikkan kartu sudah pasti bisa menjawab ? Harusnya yang terakhir membalikkan kartu sudah pasti kalah doong.
Tidak sesederhana itu. Dengar, pemain yang membalikkan kartu belum tentu tahu jawabannya, bisa jadi dia hanya berpura-pura. Karena ada pemain yang langsung membalikkan kartu dan mencari jawabannya belakangan sembari pemain lain juga mencari jawaban sebelum membalikkan kartu mereka. Jadi, jangan langsung percaya dan berusahalah bergimik :)

Lalu bagaimana dengan 4 kartu yang ternyata tidak ada jawabannya ?
Jika semua pemain (merasa) 4 kartu tersebut tidak dapat dikalkulasikan menjadi 24, 4 kartu tersebut dikembalikan ke deck, kemudian deck diacak.

Dengan kondisi di atas, bagaimana jika ada yang sudah membalikkan kartu ?
Artinya dia hanya bergimik, bisa jadi dia memang menemukan jawabannya atau hanya gaya-gaya-an. Tunjuk dia untuk menjelaskan bagaimana 4 kartu tersebut dikalkulasikan menjadi 24. Benar atau salahnya dikembalikan ke aturan yang disepakati bersama

Untuk yang kalah, aturannya diserahkan kepada yang main. Langsung dihukum, sistem poin, atau aturan lain tergantung kepada pemain.

5 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post