IDENTITY V, MEMBURU ATAU DIBURU


Yoyoi, Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh. Kali ini kita bakal ngebahas game. Berarti jelas, Identity V itu sebuah game. Bacanya gimana ? 'Aidentiti Faif' ?, 'Aidentiti Lima' ?, atau 'Aidentiti Vi' ?. Terserah, kalau saya 'Aidentiti Faif', atau banyak juga yang nyebut 'iden' atau 'idv'. Game apaan itu ? Oke, simak penjelasannya dengan seksama.
 
Merujuk ke website official Identity V, Identity V adalah game multiplayer asimetris bergenre horror yang dimainkan oleh 5 orang. Nantinya akan ada dua kubu, yaitu kubu Hunter dan kubu Survivor di mana 1 orang akan menjadi Hunter dan 4 sisanya akan menjadi Survivor.
 
Disaat kebanyakan orang lebih memilih game MOBA atau Battle Royal, game Asimetris Multiplayer juga tak kalah menarik. Dari yang saya baca, sebenarnya game multiplayer asimetris agak beresiko/kurang menjanjikan dikarenakan sulitnya melakukan balancing karakter, apalagi untuk dimainkan di mobile, karena sebenarnya lebih cocok dimainkan di PC, seperti Dead by Daylight (DBD) yang bisa dimainkan di steam seharga Rp 135.999 (terakhir dilihat 15 Oktober 2019).

Namun, NetEase sepertinya berhasil menepis itu semua, Identity V bisa dimainkan dengan lancar di Android maupun iOS. Yaaa walaupun sampai saat ini sepertinya di Indonesia, Identity V tidak sepopuler game MOBA seperti Mobile Legend atau Bottle Royal seperti PUBGM yang squad-squadnya sudah disponsori oleh game yang bersangkutan, bahkan turnamen IDV di Indonesia belum pernah saya dengar. Tapi, Identity V sukses di China sehingga NetEase berani merilisnya ke playstore dan appstore. Bahkan di server NA-EU nya, Identity V sudah mengadakan turnamennya sendiri, Call of The Abyss.
Game ini juga merupakan kerjasama dengan Behavior Digital selaku pengembang DBD, bisa dibilang IDV adalah anaknya DBD atau DBD versi mobile. Tapi, sekarang kabarnya sudah putus kontrak, dan Behavior Digital juga sudah merilis DBD versi mobilenya.

Sebelum lanjut, silakan tonton video official dari NetEase tentang Identity V

Be a Hunter or a Survivor, a mysterious killling ground is open. A mad feast for Hunters, catch and torture your preys. Hide & outwit your predator, a desperate escape for Survivors. Fear always springs from the unknown.

Cara Main
Sebelum kita bicara teknis, kita tambah dulu penjelasannya agar nantinya lebih mudah dipahami. Oke ? Oke. Di awal game kita akan disuguhkan video singkat kenapa pertempuran 1 Hunter dan 4 Survivor ini terjadi. Kita akan berperan sebagai detektif yang lupa ingatan, diminta untuk mencari anak gadis yang hilang di sebuah manor melalui sebuah undangan. Seiring berjalannya penyelidikan, sang detektif menemukan petunjuk-petunjuk mengerikan di dalam manor tersebut. Coba tonton video opening walkthrough-nya di link berikut : Klik Di sini. Jika mengikuti tutorialnya seperti di video, mungkin anda akan merasa bosan, karena banyak yang harus dipelajari, tapi tenang, bisa di-skip dan dilakukan lain waktu.

Nah, kita masuk ke cara bermain. Seperti game multiplayer pada umumnya, kita perlu menemukan lawan bermain melalui matchmaking. Khusus Survivor bisa invite teammate untuk membentuk party 2 sapai 4 orang sebelum memasuki matchmaking. Di awal game kita akan spawn terpisah secara random di sebuah wilayah. Selanjutnya Survivor akan mencari chiper machine yang tersebar di berbagai tempat di wilayah tersebut. Tugasnya adalah men-decode 5 dari sekian chiper machine yang tersebar agar bisa mengaktifkan exit gate untuk dibuka. Setelah exit gate berhasil dibuka, Survivor bisa kabur dari wilayah tersebut.

Tapi, tidak semudah itu. Selama men-decode chiper machine, sesekali akan muncul sebuah jarum jam yang bergerak bolak balik ke kiri dan ke kanan mengikuti sebuah garis melengkung. Tugas Survivor adalah menghentikan jarum tersebut di bagian yang diminta agar chiper machine yang di-decode tidak error dan meletus sehingga menyebabkan Hunter mengetahui lokasi kita, hal ini dinamakan kalibrasi. Tak hanya kalibrasi, Hunter juga akan memburu keempat Survivor agar tak satu pun dari mereka bisa kabur dari wilayah itu. Hunter butuh memukul dua kali untuk menjatuhkan Survivor. Pukulan pertama akan memberikan status injured  pada survivor, dan pukulan kedua akan membuat Survivor dalam keadaan incapacitate. Setelah incapacitate, Hunter bisa mengangkat survivor itu ke kursi roket untuk diikat. Selama Survivor diikat di kursi, Survivor lain bisa menyelamatkannya. Tapi ingat, kursi roket memiliki countdown yang dibagi menjadi 2 sesi sebelum akhirnya terbang dan mengambalikan survivor itu ke manor.
Setiap setelah pukulan langsung yang dilancarkan ke Survivor, Hunter akan diam sebentar sambil membenarkan senjatanya sebagai filler agar permainan tampak hidup, hal ini dinamakan Attack Recovery


Jika menyelamatkan survivor yang diikat sebelum sesi pertama habis, maka ketika ia diikat untuk kedua kalinya, ia tidak akan langsung mati, atau dalam game ini diterbangkan untuk dikembalikan ke manor. Namun, jika lewat dari sesi pertama, maka ia akan langsung diterbangkan kembali ke manor dan ia akan dianggap kalah.
Survivor akan dianggap menang jika berhasil kabur minimal 3 orang, dan Hunter akan dianggap menang jika berhasil menerbangkan minimal 3 Survivor ke manor, dan bukan tidak mungkin akan ada hasil Draw ketika Survivor hanya berhasil kabur sebanyak 2 orang, sedangkan 2 orang lagi diterbangkan ke manor.

Skill Aktif dan Skill Pasif
Dalam bermain Survivor bisa memanfaatkan obstacle-obstacle yang tersebar di wilayah tersebut, seperti jendela, pallet yang bisa dijatuhkan (jika timing-nya pas bisa memberi efek stun kepada Hunter), labirin, dan obstacle-obstacle lain untuk menggocek Hunter dan mengulur waktu untuk Survivor lain supaya bisa menyelesaikan chiper machine. Tapi, perlu diketahui, Movement Speed Hunter pada dasarnya lebih cepat daripada Survivor, walaupun Hunter tidak bisa menjatuhkan pallet atau vaulting ke pallet.

Selain itu setiap karakter mempunyai skill aktif dan skill pasif masing-masing untuk bisa memenangkan permainan. Contohnya Om Norton Campbell sebagai Prospector yang di badannya terdapat sebuah polar/kutub magnet (N/S) yang bisa ia gonta-ganti. Ia juga bisa melemparkan magnet dengan kutub tertentu. Nantinya magnet yang ia lempar akan menempel pada player yang melewatinya, baik Survivor maupun Hunter. Nah, player yang di badannya tertempel magnet, akan bereaksi dengan kutub yang ada di tubuh Prospector atau pada player lain yang di badannya juga tertempel magnet. Kutub yang sama akan tolak-menolak, dan kutub yang berbeda akan tarik menarik. Skill itu akan sangat berguna untuk kabur dari kejaran Hunter, memberi efek stun pada Hunter jika menariknya dari balik tembok atau mendorongnya ke tembok menggunakan magnet. Skill pasifnya, scope kalibrasinya sangat kecil sehingga kemungkinan error-nya lebih besar dibandingkan Survivor lain. Movement Speed-nya juga akan bertambah selama 2 detik jika ia melewati lemari besi atau chiper machine, skill ini aktif setiap 80 detik .

Dari sisi Hunter contohnya adalah Soul Weaver bernama Violetta. Bentuknya seperti laba-laba, namun sebenarnya ia adalah pemain sirkus yang memainkan robot mirip laba-laba. Ia mempunyai kemampuan untuk memasang jaring di antara dua objek yang mana nantinya jika ia melewati jaring tersebut akan menambah movement speed-nya dan akan memperlambat movement speed Survivor yang melewatinya. Ia juga bisa menembakkan jaringnya kepada Survivor dan akan memberi damage sebesar 25% serta efek slow.
Satu pukulan Hunter memberikan damage sebesar 50 %, oleh karena itu Hunter perlu memukul Survivor sebanyak 2 kali agar memberikan damage 100%



Background Story
Walaupun bergenre horror, game ini tidak ada unsur bunuh-membunuhnya, berbeda dengan DBD yang penuh dengan darah. Pukulan Hunter juga tidak menyebabkan darah keluar dari tubuh Survivor. Survivor yang ditangkap pun tidak mati, hanya dikembalikan ke manor. Kenapa ? Jika dilihat Background Story, semua karakter/hero dalam game ini merupakan orang-orang dengan pekerjaan tertentu yang diberi undangan oleh pemilik manor. Contohnya Prospector yang merupakan orang yang selamat dari kecelakaan tambang yang kemudian ia menerima undangan untuk mengikuti permainan di sebuah manor. Hunter juga punya background story-nya, contohnya Jack The Ripper yang merupakan pria berwibawa di siang hari namun pemburu wanita di malam hari, bersembunyi di balik kabut.



Persona
Selain skill aktif dan skill pasif, player juga akan dibantu dengan adanya persona. Persona merupakan skill tambahan yang siapapun bisa menggunakannya, berbeda dengan skill aktif yang hanya dimiliki karakter tertentu saja. Di game lain mungkin disebut Perk, di DBD disebut Blood Web.
Persona tidak bisa dipakai semuanya, terbatas sebanyak 120 poin persona, 1 persona memiliki 1 hingga 3 stack persona, 1 stack membutuhkan 5 poin persona. Poin persona bisa dikumpulkan dengan bermain. Coba perhatikan persona Survivor (biru) dan Hunter (merah) di bawah ini.


Bingung ? Tentu. Di bawah ini saya jelaskan beberapa persona penting dalam bermain Identity V

  • Detention : Skill ini aktif ketika exit gate berhasil diaktifkan, ketika 5 chiper machine berhasil di-decode. Hunter bisa membuat Survivor menjadi incapacitate hanya dengan sekali pukul. Aktif selama 120 detik tepat ketika exit gate berhasil diaktifkan. Posisi : Paling Bawah (6)
  • Borrowed Time : Persona ini juga aktif tepat ketika exit gate diaktifkan. Survivor yang membawa persona ini ke permainan akan dipulihkan sebanyak 50% dan mendapat boosting untuk movement speed selama 5 detik. Akan sangat berguna untuk memberi jarak pada Hunter. Posisi : Paling Kanan (3)
  • Tinnitus : Aktif ketika ada Survivor dalam radius 36 meter. Posisi : Kiri Bawah.
  • TT (Tide Turner) : Persona ini cukup membuang-buang waktu Hunter. Setelah menyelamatkan teman dari kursi, penyelamat dan yang diselamatkan akan mendapatkan efek last effort, yaitu tidak bisa di-healing atau incapacitate selama 20 detik tepat setelah diselamatkan. Jika dipukul ketika masih mendapat efek last effort, Survivor baru akan menerima efeknya ketika efek Tide Turner habis, 20 detik. Posisi : Paling Bawah (6)
  • Broken Window : Persona ini  untuk menambah movement speed selama 2 detik ketika vaulting ke jendela. Waktu cooldown-nya selama 40 detik. Persona ini berguna untuk memberi jarak dari Hunter atau pindah spot untuk gocek Hunter. Posisi : Paling Kiri (9).
Untuk pemakaian persona, diserahkan kepada player itu sendiri. Sesuaikan dengan gaya bermain dan kombinasikan dengan tim. Untuk gaya main, apakah kita lebih fokus ke decoding chiper machine, nge-bait Hunter supaya mengejar kita, atau Rescuer. Untuk tips, silakan tonton video-video di youtube, banyak.
Istilah Penting
  • Tunneling
    Tunneling merupakan istilah untuk tetap fokus mengejar 1 Survivor tanpa mau ter-trigger oleh Survivor lain. Biasanya disebabkan karena Survivor yang di Tunneling merupakan Survivor yang sudah pernah diikat di kursi, kemudian berhasil diselamatkan.
  • Juke/Kiting
    Kiting atau Nge-Juke merupakan sebutan untuk seni menggocek Hunter. Survivor harus bisa memanfaatkan obstacle-obstacle yang ada seoptimal mungkin, harus bisa memakan waktu Hunter selama mungkin.
  • Camper/Camping
    Camping adalah tindakan Hunter yang tak mau menjauh dari kursi di mana ia mengikat Survivor. Tak sedikit orang yang membenci gaya bermain seperti ini, tapi sekarang sepertinya sudah bisa di-counter.
  • Chiper Prime
    "Chiper Machine Prime" adalah isi dari quick message yang memberitahukan bahwa chiper machine yang sedang di-decode bisa diselesaikan dengan sedikit sentuh. saja. Biasanya digunakan ketika chiper machine sudah tersisa 1. Untuk apa ? Agar jika ada Survivor yang sedang dikejar, ia harus membiarkan Hunter memukulnya agar Hunter menerima efek Attack Recovery, lalu menjatuhkan pallet sehingga membuat Hunter mendapat efek stun, atau menggunakan skill untuk memberi jarak dengan Hunter, lalu chiper machine diselesaikan. Itu akan mengaktifkan persona Borrowed Time sehingga Survivor yang sudah di-hit tadi bangun kembali, sedangkan Hunter berada jauh di belakang.
  • Body Block
    Body Block adalah trik setelah menyelamatkan teman dari kursi roket. Setelah menyelamatkan teman, pastikan ia tidak kena hit lagi, lindungi teman dengan badan sendiri agar Hunter tidak mendaratkan pukulannya ke teman yang baru saja kita selamatkan. Itulah Body Block, berkorban sedikit demi teman agar tim mendapatkan kemenangan. Ketika Hunter melancarkan pukulannya, lindungi teman menggunakan tubuh sendiri.
  • Pallet Waste
    Pallet Waste adalah istilah untuk gaya bermain yang lebih memilih menjatuhkan pallet untuk memberi jarak daripada mengincar stun ke Hunter.
  • 3 (kanan), 6 (bawah), 9 (kiri), 12 (atas)
    Istilah ini lahir untuk mempermudah penyebutan persona. 3 berarti ia menggunakan persona full mentok ke kanan (Borrowed Time untuk Survivor dan Trump Card untuk Hunter). Angka-angka itu mengarah sesuai arah jarum jam.
  • Dungeon
    Dungeon adalah pintu keluar alternatif yang akan muncul secara acak di wilayah bermain ketika Survivor sudah menyelesaikan 2 chiper machine. Pintu dungeon tersebut akan terbuka ketika tersisa hanya 1 Survivor. Adanya Dungeon ini untuk memberi kesempatan kabur bagi Survivor yang kewalahan dan tak ada harapan menang. Di DBD disebut hatch.
Untuk mode rank waktunya terbatas, dibagi menjadi 3 gelombang per hari, satu gelombang berlangsung selama 2 jam. Waktu-waktunya adalah pada pada jam 3 - 5 pagi, jam 11 - 1 siang, dan jam 6 - 8 malam untuk WIB. Jadi, yaaa, di game ini buat push rank agak susah, apalagi jika bermain sebagai Survivor, matchmakingnya lebih lama dibandingkan Hunter. Trik
Game ini mempunyai fitur chat-nya sendiri, baik chat global, tim, maupun personal. Nah, ada beberapa trik seru untuk membuat chat lebih berwarna, benar-benar berwarna. Caranya adalah dengan menambahkan kode di awal chat. Formatnya sebagai berikut : '#' + 'c' + Kode Warna + Isi Pesan. Contohnya : #cRIni pesan berwarna merah, maka di bagian chat akan memunculkan tulisan Ini pesan berwarna merah. Atau #cFF0000ini pesan berwarna Merah, maka di bagian chat akan muncul tulisan ini pesan berwarna Merah.
Beberapa warna memiliki kode huruf, yaitu D : Gold, R : Red, Y : Yellow, G : Green, B : Blue, P : Pink, U : Purple, dan W : White, selain itu gunakan kode html untuk membuat warna pada tulisan. Kunjungi htmlcolorcodes.com untuk melihat nama dan kode warnanya. Sebagai penutup tambahkan akun saya sebagai teman agar kita bisa main bareng


Post a Comment

Previous Post Next Post