YOK ASAH OTAK, MAIN BRAINWARS KITA


Brainwars merupakan game keluaran Translimit yang diluncurkan pada bulan Mei 2014. Game ini bisa dimainkan di Android maupun iOS, gratis. Sesuai namanya, dalam game ini kita akan mengadu kekuatan otak kita dengan player lain dari seluruh dunia, 1 lawan 1. Sampai saat ini ada 30 mini games yang bisa dimainkan, masing-masing mini games dibuat untuk mewakili beberapa aspek tertentu. Ada 6 aspek yang dinilai dalam game ini, Speed, Judgement, Calculation, Accuracy, Observation, dan Memory.

Minigames
Pemain juga akan diurutkan berdasarkan kemampuannya ke dalam liga tertentu, dimulai dari liga terendah, liga C, hingga liga tertinggi, liga S. Selain liga, pemain juga akan di-ranking ke dalam grade tertentu berdasarkan poin experience dan poin masing-masing aspek. Ada 25 grades dalam game ini, dari Chicken hingga Phoenix. Poin bisa dihasilkan dengan memenangkan pertandingan, jika kalah, poin akan turun, tapi tidak berefek ke penurunan grade.


Untuk menantang pemain lain, cukup tekan tombol Challange di bagian bawah halaman home aplikasi, sistem akan mencarikan pemain lain untuk dilawan. Tapi ingat, pemain membutuhkan 1 hati untuk satu pertandingan yang terdiri dari 3 ronde. Setiap ronde akan memainkan 1 mini games secara acak atau dapat dipilih dengan membayar menggunakan 5 koin yang bisa dibeli atau didapatkan jika menduduki peringkat atas di suatu liga yang di-reset setiap minggunya.


Pemain memiliki maksimal 5 hati yang akan berkurang satu untuk setiap pertandingan. Hati akan diisi ulang setiap 15 menit untuk satu hati. Brainwars juga menyediakan tombol di sebelah kiri tombol Challange untuk menambahkan satu hati secara manual dengan menonton 3 iklan (wajar beriklan, game gratis), videonya pun terbatas. Ada cara lain untuk mengisi ulang hati agar tak menunggu lama, yaitu dengan membagikan state ke media sosial, 5 hati akan terisi penuh secara otomatis, bisa digunakan setiap 6 jam sekali.

Gambar di bawah ini akan merangkum semua penjelasan di atas


Kita akan jelaskan cara main beberapa mini games dalam game ini agar lebih terasa bagaimana serunya game yang satu ini.


Perhatikan gambar di atas ! Rata-rata mini game di atas mempengaruhi aspek Speed atau Kecepatan. Secara langsung pengembang Brainwars atau Translimit sendiri tidak menjabarkan aspek apa yang dipengaruhi oleh masing-masing mini games. Tapi sejauh saya bermain, saya berani menyimpulkan kalau kelima mini games di atas berpengaruh terhadap aspek Speed.
Semakin tinggi liga, kesulitannya akan meningkat
Sebelum bermain kita akan diperlihatkan petunjuk bagaimana memainkan mini game tersebut. Sekali lagi, lihat gambar ! Follow The Leader, kita hanya perlu menekan kotak-kotak biru berurutan sesuai urutan munculnya, tapi jangan terburu-buru, tunggu semuanya muncul dulu, jangan sampai baru muncul 1 kotak sudah diklik, itu akan dianggap sebagai sebuah kesalahan. Sedangkan Unfollow The Leader adalah kebalikan dari Follow The Leader, tekan berurutan berlawanan dengan urutan munculnya.
Jumlah kotak yang muncul akan berbeda-beda masing-masing liga, makin tinggi liga, kotaknya akan lebih banyak Touch The Number, sudah jelas mini game ini mempengaruhi aspek Calculation atau kemampuan matematis pemain. Lihat gambar ! Tekan berurutan dari angka terkecil ke angka terbesar jika kotaknya biru, dan tekan sebaliknya jika kotaknya merah. Mini game serupa yaitu Touch The Number +, tekan berurutan dari angka terkecil, kemudian jumlahkan.
Makin tinggi liga, angkanya akan makin besar Selanjutnya Rainfall, layar akan dibagi menjadi 2 sisi. pindahkan payung agar menangkap tetesan air dan menghindari petir.


Naaaah, 3 mini games di atas termasuk yang saya suka karena mudah menurut saya. Bicara aspek, mereka mempengaruhi nilai Speed dan Memory. Lihat gambar !

Spinning Block, ingat lokasi kotak biru sebelum kotak-kotaknya diputar dan warna birunya hilang, kemudian klik kotak-kotak tersebut sesuai dengan lokasi kotak biru yang telah diingat. Makin tinggi liga, jumlah kotak dan kotak kotak biru yang harus diingat akan makin banyak, kotaknya pun diputar semakin banyak Concentration, balik 2 kartu, jika sama anda benar, jika tidak kartu akan ditutup kembali sampai semua kartu habis. Sedangkan Makin tinggi liga, jumlah kartu yang harus diingat akan semakin banyak dan bermacam-macam Path To Safety, ingat lokasi bom sebelum hilang, kemudian hubungkan dua bendera yang muncul tanpa melewati bom, poin akan lebih besar jika melewati bintang. Makin tinggi liga, arenanya lebih luas dan bomnya akan lebih banyak, bendera yang harus dihubungkan juga akan bertambah


Lihat gambar ! Ketiga mini game di atas sepertinya mempengaruhi aspek Judgement atau Pengambilan Keputusan. Flick Master, slide sesuai arah panah jika lingakarannya biru dan slide berlawanan dengan arah panah jika lingkarannya merah. Rapid Sorting, slide ke arah berlawanan jika gambar yang muncul berbeda dengan gambar sebelumnya, slide ke arah yang sama jika gambar yang muncul sama dengan gambar sebelumnya. High Or Low, slide ke atas jika angka yang muncul lebih besar dari angka sebelumnya, dan slide ke bawah jika angka yang muncul lebih kecil dari angka sebelumnya.


Make 10, kita sebut kotak dengan angka itu sebagai tile, klik tile yang muncul dalam satu baris yang sama dengan syarat jumlah angka-angka yang diklik adalah 10. Mini game ini jelas mempengaruhi aspek Speed dan Calculation, mungkin Judgement juga. Makin tinggi liga, maka tile yang muncul dalam satu baris akan makin banyak. Color Switch, klik lingkaran untuk mengubah warnanya agar sesuai dengan warna lingkaran yang datang dari atas. Aspek yang dipenguruhi mungkin Speed dan Judgement, makin tinggi liga garisnya akan makin banyak.

Terakhir, setiap minggu ranking dan statistik bermain pemain akan di-reset, total menang-kalah, skor tertinggi, rangking liga secara umum, per negara, antara teman, persentase menang-kalah dengan teman, dan statistik atau ranking lain, semuanya akan di-reset. Untuk kenaikan liga akan dipromosikan dengan banyak-banyak meraih kemenangan.


Dari gambar di atas, bisa dilihat Jepang menduduki posisi pertama untuk liga S, sedangkan untuk personal, pemain dari Malaysia menduduki posisi pertama, dan di liga saya, C, diduduki olah pemain dari India


Untuk statistik, tak banyak yang harus dijelaskan, bisa dilihat sendiri bahwa saya sudah jarang main, bahkan dengan grade Pegasus saya masih di liga C.

Jadi, game ini cocok untuk mengasah otak anda, apalagi jika sudah tumpul, setidaknya melatih kecepatan berpikir. Mini game bertema wawasan juga tidak dimasukkan ke dalam Brainwars. Sekian, wassalam

Add ZA3713 jika ingin sparing

Post a Comment

Previous Post Next Post