8 Board Game Rekomendasi Hakonyoa


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Board Game, sederhananya adalah permainan yang menggunakan "papan" sebagai alat kelengkapan permainannya. Misalnya catur, ular tangga, monopoli, dll. Nah, di sini kami punya beberapa rekomendasi Board Game yang cukup mengasah otak buat temen-temen, baik itu di Handphone maupun PC, offline maupun online, single maupun multiplayer. Simak ulasan kami di bawah ini.
Kami mengurutkan secara acak, bukan berdasarkan yang terbaik atau semacamnya
  1. Chess
    Chess, atau yang biasa yang kita sebut dengan catur. Siapa yang tidak tahu dengan game yang dimainkan di atas papan 8 x 8 kotak dan terdiri dari dua warna ini (biasanya hitam putih), permainan ini tergolong permainan adu strategi, bagaimana cara menang dengan pengorbanan bidak seminimal mungkin, kalau perlu tanpa pengorbanan. Masing-masing bidak memiliki pola langkah tersendiri, seperti Knight atau yang akrab kita kenal dengan bidak kuda yang bergerak tiga langkah seperti huruf L, Rook/Benteng yang melangkah secara horizontal/vertikal, Bishop/Menteri (di tempat saya namanya Rencong) yang bergerak secara diagonal, dan masih banyak lagi (Total  = 16 => 1 King, 1 Queen, 8 pion, 2 Bishop, 2 Rook, & 2 Kuda).

    Cara bermainnya cukup sederhana, pemain akan menggerakkan bidak catur mereka secara bergiliran, dan pemain yang berhasil membunuh raja/King musuh (King hanya bisa bergerak satu langkah/kotak baik secara vertikal, horizontal, maupun diagonal) adalah pemenangnya. Sederhana bukan ? Silahkan dicoba !

    Game ini juga sudah ada dalam versi bermacam-macam, seperti  chess puzzle, game yang hanya memerlukan Knight untuk mencapai titik tertentu, dll.
  2. Sudoku

    Pada dasarnya game ini dimainkan di atas papan berukuran 9 x 9 kotak yang dikelompokkan menjadi kotak berukuran 3 x 3.
    Aturannya sederhana, yaitu :
    • Kotak-kotak yang berada pada satu baris yang sama (horizontal maupun vertikal) pada papan tidak boleh terisi dengan angka yang sama
    •  Kotak-kotak yang berada pada satu kelompok (kotak 3 x 3) juga tidak boleh memiliki angka yang sama
    • Angka yang bisa dimasukkan adalah angka 1 sampai angka 9
    Game ini juga sudah banyak versinya, mulai dari Math Sudoku (angka pada range/kelompok tertentu jika dijumlahkan hasilnya harus seperti yang telah ditentukan), ada juga sudoku dengan pengelompokkan aneh (tidak seperti pengelompokkan kotak 3 x 3 di atas), dan masih banyak lagi. Tertarik ? Silahkan dicoba !
  3. Kakuro

    Sekilas game ini hampir mirip dengan Sudoku, di samping itu game ini juga bisa dikatakan mirip dengan TTS (Teka-teki Silang). Pada game ini player ditantang untuk mengisi kotak-kotak mendatar dan menurun dengan soal berupa angka. Nah, di sini player harus bisa mengisi kotak-kotak tersebut dengan angka (1 sampai 9) sehingga ketika angka-angka tersebut dijumlahkan hasilnya sama dengan angka yang ada di soal. Gampang bukan ?
  4. Nonogram/Picross
  5. Game yang satu ini sangat keren, di sini kita akan menggambar sebuah objek dalam bentuk pixel (terlihat pada gambar bebek di atas yang berbentuk kotak-kotak) dengan petunjuk berupa angka-angka di dua sisi board/papan. Untuk ukuran papannya bervariasi, ada yang berukuran kecil (3 x 3) dan ada yang sangat besar (bisa mencapai 50 x 50 bahkan lebih). Nah, cara memecahkannya cukup mudah, angka-angka di sisi board menunjukkan berapa kotak yang terisi pixel dan berapa pula kotak yang kosong. Contoh, angka 8 2 3 di atas artinya dari 15 kotak pada board ada 8 kotak, 2 kotak, dan 3 kotak yang berisi pixel, itu artinya ada 2 kotak yang kosong dan 8 kotak, 2 kotak, dan 3 kotak tersebut tidak saling tersambung.
  6. Slitherlink
  7. Game yang satu ini masih berhubungan dengan angka-angka, pada game ini player diminta membuat sebuah poligon dengan petunjuk berupa angka-angka tertentu. Normalnya kotak-kotak pada papan berbentuk persegi dengan angka terbesar adalah tiga. Kenapa ? Simak aturannya di bawah ini:
    • Hanya boleh ada 1 poligon dalam papan, biasanya disebut loop
    • Garis yang dihubungkan tidak boleh bercabang (poligon)
    • Garis yang dihubungkan tidak boleh putus (ya iyalah, namanya juga poligon)
    • Angka menunjukkan jumlah garis yang berada di sisi-sisinya
    Game ini juga telah banyak jenisnya, mulai dari bentuk square, honeycomb, cairo, kites, dan masih banyak yang lain.
  8. Othelo/Reverse

    Othello/Reverse ini juga termasuk game adu strategi sama seperti catur, hanya saja di sini kita tidak bersaing untuk saling membunuh bidak, tapi untuk membuat semua (64) bidak menjadi milik kita, bagaimana caranya ? Caranya yaitu dengan mengapit bidak lawan menggunakan dua bidak milik kita dari sisi manapun (vertikal/horizontal/diagonal), bidak lawan yang berada di antara dua bidak milik kita tersebut akan menjadi bidak kita, tapi hati-hati dia bisa kembali menjadi milik lawan jika mereka melakukan hal yang sama.

    Aturan mainnya pun sederhana, awalnya akan terdapat 4 bidak di tengah papan (masing-masing 2 bidak), kemudian pemain akan memasang bidaknya secara bergiliran untuk memperebutkan bidak, dan pemain dengan jumlah bidak terbanyak adalah pemenangnya. Simple kan ?
  9. Minesweeper

    Hmmm, game yang satu ini sudah pernah saya bahas di postingan yang sudah cukup lama, intinya game ini bukan game yang mengandalkan keberuntungan. Game ini masih berhubungan dengan angka, di mana masing-masing angka menunjukkan jumlah bom/mine yang berada di sekelililngnya. Jadi, player diminta untuk membuka seluruh tile yang tidak terdapat bom/mine di belakangnya dengan bantuan angka-angka tersebut. Just it ! Check lengkapnya di postingan berikut
  10. Dots and Boxes

    Game terakhir yang Hakonyoa rekomendasikan yaitu Dots and Boxes. Game ini tergolong multiplayer di mana kedua player akan bersaing bagaimana mendapatkan kotak-kotak dengan menghubungkan titik-titik menggunakan garis dalam papan permainan.

    Pemain akan membuat sebuah garis dari dua buah titik (H/V) secara bergantian, dan pemain yang berhasil membuat sebuah kotak adalah pemilik kotak tersebut, dan setelah semua titik terhubung, pemain dengan jumlah kotak terbanyak, dialah pemenangnya.
Itulah board game yang direkomendasikan oleh kami, Hakonyoa. Game-game tersebut rata-rata berhubungan dengan angka, mengasah otak, dan menghibur untuk mengisi waktu luang, atau memicu kerja otak ketika bangun tidur (:v). Game-game tersebut tersedia di berbagai platform, bisa dimainkan single player maupun multiplayer, atau bahkan secara online maupun offline.

Sekian dan terima kasih
Wassalam

Game-game tersebut kami rekomendasikan berdasarkan yang pernah kami coba mainkan, board game lain masih banyak sebetulnya.

Related and Similar Game : Light Up, Brain Wars, Shikaku, Dominosa, Kami, etc.

Post a Comment

Previous Post Next Post